• Tue. Sep 21st, 2021

CARA TEPAT MENCUCI BATIK SUPAYA TIDAK LUNTUR

Byberkah

Nov 21, 2020

CARA TEPAT MENCUCI BATIK SUPAYA TIDAK LUNTUR

Saat ini menggunakan pakaian batik untuk berbagai kegiatan sudah menjadi tren yang semakin digemari. Bahkan pakaian batik saat ini merupakan salah satu pakaian yang harus dimiliki di dalam lemari pakaian mereka. Pakaian batik banyak diminati karena memiliki banyak motif dan bahan kainnya cenderung halus dan adem ketika dipakai. Untuk kain batik memang harus sering mencucinya agar tidak kotor dan tetap nyaman dipakai. Hal tersebut juga harus diiringi dengan cara merawat batik dengan benar agar tetap baik. Namun masih banyak orang yang belum memahami cara mencuci batik dengan benar. Itulah hal sepele yang bisa membuat kain batik yang kamu miliki menjadi rusak dan semakin pudar. Kebanyakan orang mencuci batik sama dengan mencuci pakaian dengan bahan dasar yang lainnya. Sehingga tak jarang kain batik ataupun busana batik yang anda miliki mengalami kelunturan ketika dicuci.  Bahkan tekstur kain batik juga bisa menjadi kasar dan tidak selembut semula setelah kamu mencucinya. 

Namun sebelum itu terjadi, maka kamu harus terlebih dahulu memahami cara mencuci kain batik yang benar. Dengan begitu kain batik yang kamu miliki akan tetap halus, adem dan warnanya tidak memudar ataupun luntur. Adapun beberapa caranya sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan mesin cuci

Mesin cuci merupakan salah satu alat untuk membantu mencuci dengan mudah dan simple. Namun jangan pernah mencuci kain batik dengan menggunakan mesin cuci. Sebab dengan menggunakan mesin cuci tentunya akan merusak serat-serat pada kain tersebut. Sehingga cara yang paling tepat dalam mencuci kain batik yaitu menggunakan metode manual dengan tangan. Sehingga akan menurunkan risiko rusaknya warna dan serat pada kain batik tersebut. 

  • Pisahkan batik dengan pakaian bahan lainnya

Bahan-bahan yang mudah luntur dari pakaian lainnya, menjadi salah satu kendala dalam menjaga warna kain batik. Sebab kain batik biasanya lebih rentan mengalami atau terkena luntur. Untuk itu sebelum mencucinya, sebaiknya pisahkan pakaian batik dengan pakaian lainnya. Ada baiknya jika kamu juga mengelompokkan pakaian batik yang sewarna dalam satu wadah. Hal ini supaya ketika warna luntur, maka warnanya akan tetap sama dan tidak terkena lunturan warna lainnya.

  • Rendam dengan air hangat

Merendam dengan air hangat menjadi salah satu cara yang paling simpel untuk dilakukan. Sebab air hangat dapat membuka pori-pori pada serat kain, sehingga kotoran akan lebih mudah terangkat. Sehingga jika noda tidak terlalu banyak, maka kotoran akan lepas sendirinya tanpa menguceknya. Selain itu, air hangat juga akan mengurangi risiko pakaian batik menjadi mengerut atau menyusut. 

  • Hindari penggunaan detergen

Ketika kamu mencuci pakaian batik, sebaiknya kamu menghindari penggunaan detergen. Sebab detergen dapat dengan mudah mengikis warna kain batik sehingga warna memudar dan motifnya kurang bagus. Kamu bisa menggantikannya dengan menggunakan sabun khusus kain batik. Ataupun lebih mudah lagi jika menggunakan sampo atau sabun mandi. Sebab kandungan zat aditif pada sampo mampu menjaga batik agar tetap indah dalam waktu yang lama. 

  • Jemur ditempat teduh

Supaya pakaian batik tetap memiliki warna yang cantik, jangan menjemur pakaian batik tersebut di bawah sinar matahari langsung. Sebab paparan sinar matahari langsung akan mudah merusak warna kain batik menjadi pudar. Untuk itu cara yang tepat untuk mengeringkan kain batik dengan cara diangin-anginkan saja di tempat yang teduh.