• Wed. Oct 21st, 2020

MANFAAT LIDAH BUAYA

Byberkah

Oct 5, 2020

Lidah buaya adalah spesies tumbuhan yang memiliki daun berdaging tebal dan berduri. Tanaman lidah buaya hidup di kawasan yang beriklim tropis, semi-tropis dan kering. Lidah buaya banyak dijadikan sebagai kosmetik, obat luar, minuman dan lain-lain. Kandungan yang ada pada lidah buaya sendiri memiliki keamanan ekstrak untuk pengobatan maupun perawatan kecantikan. Daun lidah buaya mengandung senyawa fitokimia, polimanan, antrakuinon C-glikosida, emodin dan lektin. Tidak hanya itu, lidah buaya dibudidayakan di Australia, Bangladesh, Kuba, Tiongkok, Meksiko dan negara-negara lainnya. Penggunaan lidah buaya telah lama digunakan sebagai keperluan pengobatan yang digunakan sejak zaman mesir kuno. Manfaat lidah buaya pun juga beragam dan sangat aman untuk tubuh.

Fungsi Lidah Buaya Untuk kesehatan

Lidah buaya adalah tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Selain di tanam ditanah, lidah buaya juga bisa ditanam di pot seperti hal nya sebuah kaktus. Tidak heran jika lidah buaya banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Lidah buaya juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Biasanya lidah buaya digunakan untuk penyubur rambut. Akan tetapi tidak hanya itu, lidah buaya juga baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam lidah buaya terdapat gel yang bermanfaat untuk antiseptik, anti jamur, anti inflamasi dan lain-lain. Berikut manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh:

  1. Menurunkan gula darah

Sebuah studi mengatakan bahwa lidah buaya dapat memiliki manfaat bagi orang-orang yang memiliki diabetes. Akan tetapi lidah buaya tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes karena dapat menurunkan gula darah pada tingkat yang berbahaya. Maka dari itu jika anda hanya mengonsumsi lidah buaya anda bisa membuat resep sendiri. Caranya dengan mengonsumsi dua sendok makan lidah buaya per harinya.

  1. Menyembuhkan sariawan

Bagi anda yang kurang meminum air putih atau memakan sayur dan buah bisa terkena sariawan. Untuk anda yang mengalami sariawan, anda bisa mengonsumsi lidah buaya yang dapat mempercepat penyembuhan nya. Caranya anda cukup siapkan getah atau gel lidah buaya. Kemudian cuci gel lidah buaya tersebut. Lalu oleskan secukupnya ke area luka sariawan dan diamkan selama 20 menit lalu bilas lah dengan air hangat.

  1. Mengurangi plak gigi

Lidah buaya juga bisa bermanfaat menjadi obat kumur. Sebab tanaman lidah buaya berguna untuk mengurangi plak gigi yang menjadi penyebab kerusakan gigi dan gusi. Tanaman lidah buaya juga bisa membantu mengatasi pendarahan atau gusi bengkak karena banyak mengandung air.

  1. Berpotensi melawan kanker payudara

28,7 persen orang Indonesia mempunyai penyakit kanker payudara. Senyawa kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya dapat melawan kanker payudara. Para penulis menyarankan bahwa tanaman lidah buaya menunjukan potensi dalam memperlambat pertumbuhan kanker payudara.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh. Bagi yang mempunyai penyakit yang bisa disembuhkan segeralah konsultasikan dengan dokter dan juga bisa menggunakan tanaman herbal untuk menyembuhkannya. Tidak semua orang cocok menggunakan lidah buaya maka dari itu berhati-hatilah agar tidak menimbulkan alergi untuk anda. Lidah buaya sangatlah beragam manfaatnya. Karena sangat efektif dalam penggunaannya oleh kalangan umum, termasuk sebagai obat luar. Lidah buaya kini banyak digunakan dan di buat sebagai produk antara lain untuk produk kecantikan, kosmetik, tisu wajah, sabun, sampo dan lain-lain. Lidah buaya juga banyak digunakan untuk pelembap dan pelunak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *