• Thu. Jan 28th, 2021

MEMANFAATKAN BOTOL BEKAS MENJADI BARANG-BARANG MENARIK

Byberkah

Nov 9, 2020

MEMANFAATKAN BOTOL BEKAS MENJADI BARANG-BARANG MENARIK

Membuang sampah merupakan salah satu langkah yang selalu dilakukan banyak orang agar membuat lingkungan menjadi bersih. Tapi tahukah kamu sampah yang tidak didaur ulang akan dapat merusak lingkungan secara perlahan. Jadi jika kamu memiliki sampah yang bisa didaur ulang sebaiknya dilakukan. mulai dari sampah yang ada di lingkungan dekat rumah kamu. Ada banyak orang yang sangat sering membuang sampah setelah sekali pakai. Misalnya botol bekas air kemasan, selai, parfum, deterjen dan juga shampo. Sampah dari botol minuman juga beragam mulai dari botol plastik sampai botol kaca. Itu akan sangat membuat lingkungan tidak indah dan sehat. Supaya bisa mengurangi sampah-sampah yang berasal dari botol bekas. Kamu bisa mengajak teman-teman kamu untuk mendaur ulang barang bekas tersebut.

Kegiatan mendaur ulang merupakan salah satu kegiatan positif terhadap lingkungan. Mendaur ulang sampah dapat dilakukan sejak usia dini dan juga membantu mengurangi sampah rumah tangga. Selain mendaur ulang botol bekas, ternyata limbah plastik ini bisa disulap menjadi beberapa barang yang menarik. Untuk kamu yang belum mengetahui fakta dari limbah plastik sebaiknya kamu simak ulasan di bawah ini.

Fakta Dari Limbah Plastik

Limbah plastik memang sangat beragam dan informasi ini perlu kamu ketahui. Hal yang perlu kamu ketahui mulai dari jenis limbah plastik, asal limbah plastik dan kemampuan daur ulangnya. Beberapa fakta di bawah ini akan dapat membuat masyarakat lebih paham tentang limbah plastik.

  • Bahan yang sulit terurai

Mungkin kamu sering menemukan berbagai jenis limbah plastik mulai dari kantong belanja plastik, botol plastik sampai sedotan plastik. Bahan yang terbuat dari plastik ini memang sangat sulit terurai oleh tanah. Sehingga dapat menyebabkan polusi di darat maupun di air.

  • Dapat didaur ulang kembali

Karena memang limbah plastik sulit untuk terurai, namun ternyata limbah ini memiliki kreativitas. Bahkan ada banyak perusahaan beras yang mendaur ulang plastik untuk kemasan produknya. 

Ide-Ide Untuk Mengubah Botol Bekas

Jika kamu yang sangat memiliki kreativitas mungkin anda bisa memanfaatkan botol bekas untuk bahan bakunya. Karena bisa saja hasil kreativitas kamu memiliki nilai jual dan bisa menjadi penghasilan tambahan. Berikut ini adalah beberapa ide yang mungkin bisa dijadikan kreativitas.

  • Dijadikan kincir angin

Anak-anak memang sangat suka melihat yang baru. Bahkan kamu juga bisa melibatkan anak-anak untuk membuat kincir angin dari botol bekas ini. Cara pembuatannya pun sangat mudah, hal yang kamu perlukan hanya cutter, lem selotip, bambu dan juga gunting. Kincir angin ini bisa kamu letakan di depan rumah atau area lain yang dilalui angin.

  • Dijadikan vas bunga

Jika kamu memiliki beberapa botol bekas berbahan kaca kamu bisa menjadikannya vas bunga yang cantik. Cuci dengan bersih botol tersebut lalu keringkan, setelahnya kamu bisa memasukan satu persatu tangkai bunga kedalamnya. Supaya bunga selalu terjaga kesegarannya, kamu harus menambahkan air dan juga selalu mengganti airnya secara rutin.

  • Sebagai wadah penyimpanan alat kantor

Kamu bisa menggunakan botol untuk menyimpan alat-alat kantor seperti isi staples, selotip dan berang kecil yang lainnya. Botol bekas juga bisa digunakan menyimpan peralatan bangunan seperti paku payung dan juga baut. Hal ini akan menjadikannya lebih rapi dan juga akan lebih mudah menemukan nya. Untuk lebih bagusnya kamu bisa gunakan botol yang ukurannya kecil atau sedang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *