• Thu. Jan 28th, 2021

PEWARNA MAKANAN  ALAMI

Byberkah

Nov 13, 2020

PEWARNA MAKANAN  ALAMI

Makanan dengan warna yang lebih menarik pasti sangat banyak diminati untuk dikonsumsi. Hal inilah yang membuat banyak pedagang menjual dengan tambahan pewarna makanan.  Terdapat dua macam pewarna makanan yaitu, pewarna buatan dan pewarna makanan alami. Namun kebanyakan pedagang lebih memilih menggunakan pewarna makanan buatan. Pewarna buatan memang memiliki warna yang lebih bervariasi dan menarik. namun terkadang pewarna tersebut tidak aman dan bahkan ada yang mengandung zat kimia. 

Sebenarnya ada banyak bahan yang bisa menjadi pewarna alami yang pastinya lebih sehat untuk dikonsumsi. Pewarna alami sendiri merupakan pewarna yang memanfaatkan bahan-bahan alami, untuk memberikan warna pada makanan. Selain bisa memberikan warna yang menarik, pewarna alami juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Berikut ini ada beberapa bahan pewarna makanan alami yang bisa anda manfaatkan. Selain itu pastinya juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Adapun diantaranya sebagai berikut:

  • Kunyit 

Kunyit merupakan rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dan obat tradisional. Selain itu kunyit juga dapat digunakan sebagai pewarna alami pada makanan. Kunyit memberikan warna kuning pada makanan, hal ini karena adanya zat kurkumin pada kunyit. Kunyit juga mengandung curcumin yang bermanfaat sebagai anti peradangan. 

  • Daun suji dan daun pandan

Selain memiliki bau yang harum, daun pandan dan daun suji juga dapat menjadi pewarna alami. Daun pandan dan suji dapat dimanfaatkan sebagai zat warna hijau pada makanan. Warna hijau pandan dan suji berasal dari pigmen klorofil nya. Caranya hanya dengan tumbuk atau haluskan daun tersebut. Lalu tambahkan air kemudian peras tumbukan daun tadi. Air perasan inilah yang nantinya bisa digunakan untuk pewarna alami. Selain itu daun suji mengandung zat tanin yang bermanfaat untuk mencegah sembelit. 

  • Rosella

Rosella merupakan salah satu jenis bunga yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu bunga rosella juga dapat dimanfaatkan menjadi zat pewarna merah alami untuk makanan. Warna merah pada bunga rosella dihasilkan oleh adanya antosianin. Caranya mendapatkan warnanya cukup dengan menyeduhnya dengan air panas. 

  • Buah naga merah

Selain memiliki rasa yang lezat dan memiliki warna yang cantik. Buah naga juga dapat dimanfaatkan untuk pewarna merah pada makanan. Caranya cukup dengan haluskan daging buah naga merah. Kemudian saring dan dapatkan ekstraknya yang bisa digunakan untuk pewarna alami. Buah naga juga mengandung kalsium, vitamin A dan B yang baik untuk pertumbuhan anak

  • ubi ungu

Ubi ungu merupakan bahan makanan tradisional sebagai sumber karbohidrat yang tinggi. Selain itu ubi ungu juga dapat dimanfaatkan sebagai zat warna ungu untuk makanan. Warna ungu ini diakibatkan dari kandungan senyawa antosianin pada ubi. 

  • Labu kuning

Selain kunyit, labu kuning juga dapat dijadikan sebagai pewarna kuning alami. Caranya dengan haluskan labu kuning tersebut dan ambil ekstraknya. Ekstrak tersebut yang bisa dijadikan untuk pewarna makanan. Selain itu labu kuning juga merupakan makanan yang rendah kalori jadi cocok untuk diet. 

Demikianlah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk pewarna alami makanan. Selain bisa kamu gunakan untuk mempercantik makanan dan dampaknya juga baik untuk kesehatan. Bahkan  bahan-bahannya mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Dengan menggunakan bahan ini pastinya akan lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Gunakan bahan ini sebagai pengganti bahan pewarna buatan dan agar hidup juga menjadi lebih sehat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *